Mamma mia Let Me Go! (Part 2)


CLIMAX

Dari jauh kedengeran suara Pak Indra tereak-tereak. Dan seketika, suara itu ada di dekat kami. Cuma berjarak 5 senti, Pak Indra nongol di ambang pintu. Sebegitu dekatnya doski sama kulit badannya Icha, yang di terpisah oleh baju dan kayu kusen pintu. Nyawa kami bener-bener kayak mangkok keramik diujung tanduk. Bergeser sedikit, bakal pecah berkeping-keping. Tak tertolong.

Doski marah-marah sama beberapa orang yang kayak nya temen kami yang ketangkep basah. Haduh.. kasian banget. Temen gue yang ga bisa gue liat mukanya siapa, dimarah-marahin sama Pak Indra.

Gue mengkeret di balik pintu. Jantung gue rasanya berdetak 3x lebih kencang. Rasanya tuh cuma ini jantung yang bikin suara-suara kencang selain suara Pak Indra tentunya. Doski bergerak-gerak di pintu, bikin pintu juga jadi bergerak. Kalo dia ngejeblak pintu ini dikit lagi aja, riwayat gue bakal tamat sampe disini. Game Over.

Gue ngeri ngebayangin kalo Pak Indra ngegeser pintu, terus ngerasa curiga, dan akhirnya ngedapatin kami bertiga, meringkel dengan badan lemes dibalik pintu. Terus dengan paksa, kami bertiga diseret ke tengah lapangan, dipermalukan habis-habisan di depan majelis guru dan peserta upacara yang lagi khidmat dengerin pidato KepSek.


“Mana yang lainnya??!” gertak Pak Indra sama temen gue.
“Ga tau, pak.” Jawab temen gue.
“Apa yang gatau! Tadi saya lihat ada 5 orang tadi! Mana orang itu semua?!”
“Saya beneran gatau, pak. Ga ada lagi.”
“Bohong, kamu!” hardiknya.
“Bener, pak”
“Awas kamu ya, kalau saya dapat yang lainnya, lihat saja nanti mereka!” beliau mendengus.

Gue gatau kalo temen gue sebenernya emang gatau, apa mau ngelindungi kami. Tapi gue bersyukur dia ga bilang dimana posisi kami. Sebelumnya, gue kira, dia bakal sebut semua nama yang tadi nyusup di kelas. Kalo udah kayak gitu, habis gue. Habis nyawa gue.


Detik-detik kegelisahan itu lamaaaa banget berjalan. Gue ga sabar nunggu kapan tu guru pergi jauh. Icha sampe ngintip-ngintip dari celah engsel pintu. Bisik-bisik merhatiin keadaan. Sempet juga tu anak bisik-bisik. Gue aja bernafas masih nahan.


Terus gue ngelihat bayangan makin dekat ke pintu. Gue beneran ga bisa napas. Apalagi Rheta sama Icha yang makin ngerapetin posisi nya. Posisi gue makin ga enak banget. Kayak cicak kejepit lemari. Kami kira ga ada harapan lagi. Pak Indra pasti udah nyadar dan dalam hitungan detik, dia buka pintu perlahan-lahan...




Dan ternyata....


Muncullah muka.......




Suci.






RE-ORIENTATION


Hening. Suci surprise ngeliat 3 temennya nyengir pucat ke arah dia. Pasti dia yang tadi kena marah Pak Indra. Dia berbisik, "Kalian dari tadi sembunyi disini? Bertiga??" tanyanya ga percaya. Rheta ngangguk.


"Pak Indra udah pergi? Udah aman gak?" tanya Icha.
"Udah, dari tadi. Aku ambil serokan sampah dulu ya, disuruh bersih-bersih" katanya kuyu.


Hah?! Bersih-bersih? What the maksut? tanya gue dalem hati.




Kasian gue ngeliatnya. Gue mau bantu, tapi keadaan ga memungkinkan. Kalo Pak Indra liat gue, pasti dia langsung muntab. Serasa dapet mangsa yang telah kehilangan selama 3 hari.


Terus ga lama kemudian, gue denger suara anak-anak dateng. Pasti upacara udah selesai. Gue lega. Kita bertiga menghambur ke bangku masing-masing. Pura-pura bertingkah seolah kayak ga ada kejadian apa-apa.


Terus dateng Rini, sama Siska dari luar. Rupanya mereka kabur ke belakang wece. Ga bisa bayangin gue, derita bau mereka. Terus Akbar, sama Angga keluar dari persembunyiannya di bawah meja. Ajaib! Ga ketauan gitu. Padahal itu termasuk kategori daerah rawan yang bisa-bisa aja kena periksa oleh insting singa Pak Indra. Kemudian muncul Suci sama Gilang, anak yang dimarahin Pak Indra. Gilang yang indifferent dan misterius, tetep bergaya cool disaat-saat kayak gini. Salut gue.


Gue ketawa-ketawa sama anak-anak yang baru lolos dari cengkeraman maut Lion King. Cerita-cerita perasaan saat genting dan panik tadi di tiap daerah persembunyian masing-masing. Anak-anak lain ga peduli, karena mereka ga tau. Alhamdulillah.


Pas lagi asyik ketawa-ketiwi, muncul Pak Indra di pintu kelas. Masuk.
Jantung gue sontak meleleh. Jatuh dengan kecepatan sangat tajam. Rasanya persis kayak naik Histeria, terus dijatohin tiba-tiba.


"Siapa tadi yang pas upacara masih di dalam kelas??!" Kelas hening.
"Saya tau, jangan mengelak ya. Saya tau ada 5 orang!" Tetep hening. Gue keringet dingin.


Ga ada yang ngaku, bikin suara aja ga berani. Semua temen-temen gue ga ada yang ngangkat tangan, ataupun nyebut nama temen lain, walaupun gue tau bahwa beberapa dari mereka tau.


Jangan, jangan permaluin gue di depan temen-temen! batin gue.




"Sebenernya gak apa-apa kalian ga ikut upacara, tapi izin dulu sama guru di kantor. Jangan sembunyi-sembunyi kayak gini. Kan ga enak diliat guru." Kening gue mengerut.
"Kalo ada yang sakit, bilang dulu sama guru piket. Gak apa-apa. Saya bisa kasi izin, tapi kalian tinggal nya di kantor. Tapi jangan sembunyi diam-diam di kelas begini."
"Lain kali kalo ga bisa ikut upacara, jangan begini lagi."




Sumprit! Asli ngeselin abis!
Gue udah ketar-ketir sampe keringet dingin gini gara-gara ketauan, taunya isi ceramah nya cuma gini???! Gue cengo abis. Ga nyangka banget.


Pak Indra gitu loh, bukan guru lain. Kok cuma gini? KOK CUMA GINI? Mana sangar nya? Mana hukuman serem nya? Mana sadisme nya? Gue nyubit pipi Rheta.


Gini loh, dalam hati gue,
Pertama, Ini bukan Pak Indra. Aneh banget, bener-bener sangat tumben sekali dia bereaksi seperti ini.
Kedua, kita-kita ga ada satupun yang alesannya sakit.
Ketiga, siapa sih siswa yang dengan bodohnya, izin sama guru piket untuk bisa bikin pe-er di sekolah.
Keempat, bahkan ga ada siswa yang mau bikin pe-er itu di KANTOR.
Kelima, eh.. belakangan gue baru nyadar, hukumannya cuma bersihin teras kelas. Diulangi: HUKUMANNYA CUMA BERSIHIN TERAS KELAS!






Antiklimaks.




Pak Indra berlalu. Gue cengo. Gue lemes. Pingsan di tempat.

2 comments

Rizaldy Gema | February 13, 2012 at 4:46 PM

hahaha. kisah bocah bocah kecil yang usil, jahil, dekil, dan tengil, bisa ill semua gtu ya, sampe il fill gue bacanya. tuhkan il lagi. ahaha :P

Dezavrillius | February 16, 2012 at 9:16 PM

wah.. masa sih smpe il fill gtu? :S

Post a Comment

titip komennya dong yaaa....
silahkan ber-ceriwis-ria disini.. mumpung ga ada larangan :p